Wilujeng Sumping di Web Resmi Desa Cigentur :www.cigentur.desa.id

Bersama membangun desa,menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang bersih,transparan,akuntabel dan partisipatif menuju desa membangun,mandiri dan berbudaya.

Lembur urang,,,Kampung urang,,,, Desa urang,,,,rek kusaha lamun teu dimumule ku urang...Hayu urang sasarengan,,Sauyunan tur Sabilulungan. Jaga, Riksa, Piara, sangkan genah merenah tur tumaninah...!!!

 

“ JENDELA DESA “ Desa Cigentur

Admin 28 Oktober 2017 15:06:14 Berita Desa

Seiring dengan perkembangan teknologi, berkumpul tidak lagi selalu harus bertemu secara fisik. Orang bisa memanfaatkan teknologi agar tetap dapat berkomunikasi secara bersama-sama dalam waktu yang bersamaan tanpa harus bertemu. Di akhir tahun 90-an mailing list atau milis mulai digunakan sebagai ajang berkumpul untuk berbagi informasi atau sekadar bercerita. Tren menggunakan milis makin meningkat sejak munculnya penyedia layanan seperti Yahoo!Groups. Berbagai macam milis bermunculan, biasanya terkait dengan profesi, hobi, satu almamater, dan lain-lain.

 

Munculnya Facebook tahun 2004 juga dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul. Berbagai grup pun muncul di jaringan Facebook. Perkembangan teknologi biasanya juga diikuti dengan perubahan kebiasaan. Munculnya blackberry yang menyediakan fasilitas grup membuat orang mulai beralih memanfaatkan blackberry  sebagai ajak berkumpul. Perlahan tapi pasti  orang-orang mulai meninggalkan milis. Era android datang menggilas blackberry. Perlahan tapi pasti pengguna blackberry mulai berkurang, orang pun mulai banyak beralih menggunakan Whatsapp (WA). Grup-grup WA pun muncul.

 

Ada seorang teman yang tergabung dalam 42 grup WA. Menurut saya sebaiknya kita memilih bergabung dengan grup yang mendatangkan manfaat. Kebanyakan grup tanpa kita sadari bisa mengganggu produktifitas kita. Notifikasi yang bejibun apabila tidak dibuka menimbulkan rasa penasaran, apabila dibuka takut kita larut membaca atau meresponnya. Hal ini kadang tanpa kita sadari kita sudah membuang waktu produktif kita.

 

Namun begitu, ada beberapa hal positif yang bisa kita manfaatkan dengan bergabung di grup Whatsapp  (WA) :

 

  • Entertaining. Grup WA bisa kita gunakan sebagai hiburan pelepas lelah, pengusir suntuk dan penghalau galau. Biasanya di grup banyak berseliweran postingan meme lucu, cerita lucu atau bahasan topik yang lucu dari anggota grup lain. Ini cukup menghibur tapi ingat harus tetap membatasi diri jangan sampai larut dalam grup sehingga mengabaikan pekerjaan atau aktifitas lain.

 

  • Monitoring. Banyak juga orang yang bergabung di grup WA tapi tidak aktif. Tidak pernah posting, tidak pernah komentar dan tidak pernah respon. Namun dia sangat rajin mengecek grup. Biasanya tipe begini adalah tipe yang tidak mau ketinggalan informasi terkini. Tipe anggota grup seperti inil memang lebih suka memonitor.

 

  • Networking. Ini menurut saya paling penting. Bergabung dengan grup WA untuk membangun networking alias jaringan. Sarana Komunikasi Masyarakat Desa Cigentur. Yang kami wadahi dengan Whatsapp Group di “ JENDELA DESA “ Desa Cigentur

 

Terlebih, keberadaan teknologi canggih sudah dapat dijangkau dengan harga yang murah seperti telepon pintar yang multifungsi. Ribuan atau mungkin jutaan konten dari seluruh dunia yang berisi laporan warga wara-wiri di linimasa jejaring sosial atau di banyak platform blog sosial.

 

Demi memudahkan proses, penayangan dan peyebaran laporan warga yang menjadi Pembuka jalur pelaporan/ sarana Komunikasi  yang  lebih praktis bagi  warga , kini masyarakat  dapat mengirimkan laporan singkat / Komunikasi/konsultasi  yang akan kami tidaklanjuti dengan cara mencari solusi berasma.

 

Memanfaatkan jejaring percakapan sosial Whatsapp sebagai jalur pelaporan warga yang cepat dan efisien. Tiap laporan singkat yang masuk ke dalam nomor Whatsapp group

“ JENDELA DESA “ Desa Cigentur akan diproses lebih lanjut untuk memastikan validitas dan keakuratan dari tiap laporan yang masuk.

Namun, tidak semua laporan dapat kami tindaklanjuti atau ditayangkan. Ada aturan main yang harus dicatat sebelum mengirimkan laporan singkat ke nomor Wahtsapp “ JENDELA DESA “ Desa Cigentur r. Simak beberapa poin di bawah ini:

 

KETENTUAN

      1.            Laporan yang dikirim merupakan peristiwa dan mengandung nilai berita

      2.            Memiliki urgensi untuk segera ditindaklanjuti

      3.            Laporan dalam bentuk; teks, foto dan video

      4.            Pelapor wajib menyebutkan identitas lengkap dan jelas

      5.            Pelapor bersedia dihubungi redaksi “ JENDELA DESA “ Desa Cigentur untuk proses validasi.

      6.            Pelapor bersedia diikutsertakan dalam grup Whatsapp “ JENDELA DESA “ Desa Cigentur berdasarkan kategori domisili .

 

 

 

By. Nurdin Hidayatulloh El-ghifari

 Whatsapp Group ->> Invite to Group Via Link : https://chat.whatsapp.com/Hj4eA6alSbfFZTEQRQvPl3

Komentar atas “ JENDELA DESA “ Desa Cigentur

kang maman 01 September 2017 14:13:50
Semoga dengan kepengurusan baru pemuda bisa lebih maju, dan bisa merangkul pemuda lainnya supaya tidak antipati dengan kegiatan karang taruna,

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

LOKASI KANTOR DESA & PETA WILAYAH DESA

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa BENDAHARA Kaur Keuangan Kasi Kesejahteraan Kasi  Pemerintahan Kaur  Perencanaan Program Kasi Pelayanan KAUR UMUM Kepala Dusun I Kepala Dusun II Kepala Dusun III KADUS IV

Sinergi Program

Bimas Islam
KEMENDES PROVINSI JAWA BARAT KAB. BANDUNG
 POKJANAL POSYANDU   KABUPATEN BANDUNG
PEMERINTAH KECAMATAN PASEH
DESA CIGENTUR Jendela Desa Facebook
Tewitter https://www.facebook.com/haji.ato.98?ref=br_rs instagram
keuangan desa info
Cek BPJS Online E-LAPOR rshs online
bumdes SETORAN PAJAK ONLINE

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Cigentur Channel

Fans Page

"Pemilih Berdaulat, Negara Kuat" Mari kita sukseskan Pemilu 2019

Aplikasi Android "SID CIGENTUR"