Wilujeng Sumping di Web Resmi Desa Cigentur :  www.cigentur.desa.id Bersama membangun desa melalui tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif menuju desa yang maju, mandiri dan berbudaya berlandaskan ahlakul karimah INGAT HARI RABU TANGGAL 09 DESEMBER 2020 DATANG KE TPS PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN BANDUNG PILKADA SERENTAK 2020  

KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA CIGENTUR | DI TENGAH WABAH COVID-19

Endun Han han 29 April 2020 00:45:13 Jaring Pewarta Desa III

Desa Cigentur merupakan salah satu desa yang terletak di ujung timur di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, dan merupakan salah satu desa kedua terkecil penduduknya sekitaran 1800 KK dan  8000 penduduk ,mata pencaharian penduduknya adalah 15 % petani,  10 % pengarap tani,  25 % Usaha kecil, 10 % Buruh pabrik, dan 40 % merupakan Buruh harian atau serabutan, Desa Cigentur berada di daerah Hijau industry. tapi entah bagai mana mengingat di desa cigentur diperbolehkan berdiri pabrik baru. Tidak heran tanah darat desa Cigentur mulai berkurang karena lahan yang ada di desa Cigentur 10 �alah milik orang desa cigentur dan yang dikwatirkan 10-20 tahun  lagi bahwa kedepan sudah tidak ada lagi lahan pertaniaan, Mungkinkah ? hanya generasi penerus yang dapat mengetahuinya.

          Dalam kehidupan sehari – hari masyarakat cigentur merupakan kehidupan yang Reliqius ,Gotong royong dan sosial yang sangat tinggi di desa Cigentur belasan Masjid Jami Puluhan Mushola/Tajuk itu semua merupakan kultur keagaaman yang sangat kuat bahkan di Desa cigentur sudah lama ormas islam bersatu hidup berdampingan tidak kurang  dari 3 Ormas islam berada dan tidak pernah ada gesekan. Dalam kehidupan bersosial banyak lembaga-lembaga sosial yang membina baik kepemudaan Karang Taruna Kedisabilitasan RBM Keamanan dan ketertiban di bina FKPM dan dibidang kebencanaan dibina oleh KSB maka lengkap sudah yang dimiliki oleh desa Cigentur dalam bidang Sosial.

           Transportasi  Namun sayang ada yang kurang yang di miliki oleh warga Cigentur yaitu bidang transportasi  yaitu Jalan ,jalan Cigentur adalah jalan kabupaten yang panjangnya kurang lebih 4 Km dan 85 % jalan sangat rusak  dari 4000M itu baru 380 M yang sudah baik  sisanya sangat hancur bisa di bilang begitu karena bilamana Hujan bagaikan Sungai kering hehe, kritikan tajam kepada Pemerintah Desa pun mengalir deras yang menghiasi Medsos bahkan sudah beberapa kali kendaraan, roda jatuh itu merupakan salah satu isi kritikan dari masyarakat kepada pemerintah desa. Apa hendak di kata jalan itu jalan Kabupaten, wewenang dan kewajibanya adalah hak dari Kabupaten dari pembangunanya, bahkan masyarakat pernah mendesak kepada Pemerintah agar jalan itu bisa di bangun oleh anggaran rutin namun pemerintah desa  pun berpikir mendapat pujian dari masyarakat tapi akan menyalahi prosedur secara aturan harus bagai mana monggo sing penting Jalan tersebut menghambat laju perekonomian baik bagi warga cigentur maupun desa tetangga yang sehari-hari melewati jalan tersebut.

          Kemiskinan, Desa Cigentur merupakan desa yang paling sedikit menerima bantuan dari pemerintah pusat yaitu Bantuan .PKH, BPNT tapi  desa cigentur bukan termasuk Desa Mandiri . Sekarang rame   tentang bantuan sosial bagi  masyarakat yang terkena dampak Covid-19 sekarang masyarakat  banyak yang menanyakan kepada pemerintah apakah saya akan mendapat bantuan, bagai mana saya tidak di cacah oleh Rt, Rw itulah  pertanyaan – pertanyaan  kepada pemerintah Desa, tapi hal itu hal yang wajar mengingat situasinya, karena sejak Covid 19 dan Pemerintah  mengeluarkan kebijakan baik PSBB,Lockdown itu semua sangat berpengaruh terhadap Masyarakat desa cigentur  karena otomatis segala aktifitas semua berhenti yang ada mengharapkan bantuan dari pemerintah akan kah mencukupi atau sebaliknya mudah-mudah masyrakat dibalik mengharapkan akan tetapi ikut partisipasi menjadi tangan yang di atas. Amin.

          Ramadhan 1441 H. Bulan suci Ramadhan salah satu bulan yang penuh dengan ampunnan dan berlipat- lipat amal  , tidak terkecuali di pemerintah desa cigentur sudah tradisi Kepala Desa Cigentur bersama-sama dengan aparatur pemerintahan desa tak ketinggalan bidang ketertiban dan eamananpun ikut ,begitu tiba bulan Ramadhan kepala desa cigentur mengajak prangkat semua untuk berkumpul di desa menuju  Masjid dan musyola suka cita masyarakat baik DKM maupun masyarakatnya menyambut rombongan  sungguh indah kenangan tersebut  pulangnya berkumpul lagi. tapi musim tarawih sekarang sudah tidak ada lagi hal demikian karena pemerintahan menjaga dan mematuhi seruan dari pemerintahan tentang himbauan tidak melaksanakan Tarawih di Masjid, keheningan dan kehusuan untuk Ramadhan sekarang merasa kurang kah ?

      Demikian Coretan ini semoga tidak ada yang merasa terganggu dan tersinggung karena ini hanyalah sekilas gambaran  dan 99 % Pakta. Terima kasih.

 

Tank you

Endun Han han

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Radio Kandaga Kabupaten Bandung

Infografis  APBDes 2020

Cigentur Channel

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

LOKASI KANTOR DESA & PETA WILAYAH DESA

Sinergi Program

Bimas Islam
KEMENDES PROVINSI JAWA BARAT KAB. BANDUNG
DISKOMINFO
Pelayanan
PEMERINTAH KECAMATAN PASEH
DESA CIGENTUR Jendela Desa Facebook
Tewitter https://www.facebook.com/haji.ato.98?ref=br_rs instagram
portal desa
Cek BPJS Online E-LAPOR rshs online
bumdes SETORAN PAJAK ONLINE

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Fans Page

"Pemilih Berdaulat, Negara Kuat" Mari kita sukseskan Pemilu 2019

.