Wilujeng Sumping di Web Resmi Desa Cigentur :  www.cigentur.desa.id Bersama membangun desa melalui tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif menuju desa yang maju, mandiri dan berbudaya berlandaskan ahlakul karimah

Artikel

PERAN MASYARAKAT SANGAT PENTING DALAM PENCEGAHAN DBD

31 Maret 2020 11:17:09  AEP SOPYAN  134 Kali Dibaca  Jaring Pewarta Desa III

Pewarta Desa Cigentur -- Masyarakat memiliki peran penting dalam pencegahan serangan demam berdarah dengue (DBD) yang kini sedang mewabah. Kegiatan fogging atau pengasapan hanya untuk membantu meminimalisasi serangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti.

"Fogging atau pengasapan bukanlah untuk membasmi nyamuk penyebab DBD tapi hanya untuk meminimalisasi penyebarannya. Pencegahan harus dilakukan masyarakat dengan menjaga kebersihan, seperti menutup tempat penampungan air dan selalu membuang air bersih uang tergenang," kata Luthfi Senin, 09 Maret 2020.

Kegiatan fogging dilakukan setelah ada beberapa warga Cigentur RW. 007 yang dinyatakan mengidap DBD positif. Namun, kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Kegiatan fogging dilakukan setelah adanya laporan ke puskesmas terkait adanya warga cigentur yang terkena DBD. Kami selanjutnya melakukan survei ke rumah penderita dan dua hari dari itu kami lakukan fogging," katanya.

 

Kepala Desa CigenturH. Hidayat juga mengimbau agar masyarakat menggiatkan  menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Masyarakat diimbau untuk melakukan 3M plus, yakni  menguras atau membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, seperti drum, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbaikan nyamuk penyebar DBD. "Sedangkan plusnya, seperti dengan menaburkan abate, menggunakan obat antinyamuk, menggunakan kelambu saat tidur," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Jajang Pamungkas menyatakan fogging dilakukan atas permintaan warga mengingat sudah ada yang positif DBD. Hal itu membuat warga khawatir jika nyamuk aedes aegypti berkembang di wilayah Cigentur. "Kegiatan fogging dilakukan karena sudah ada  warga kami yang positif DBD, tapi kini kondisinya sudah membaik. Memang belum tentu penderita itu terkenan gigitan di wilayah perkampungan, tapi kami tetap khawatir sehingga meminta intuk dilakukan fogging," katanya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Infografis  APBDes 2019

Cigentur Channel

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

LOKASI KANTOR DESA & PETA WILAYAH DESA

Sinergi Program

Bimas Islam
KEMENDES PROVINSI JAWA BARAT KAB. BANDUNG
DISKOMINFO
Pelayanan
PEMERINTAH KECAMATAN PASEH
DESA CIGENTUR Jendela Desa Facebook
Tewitter https://www.facebook.com/haji.ato.98?ref=br_rs instagram
portal desa
Cek BPJS Online E-LAPOR rshs online
bumdes SETORAN PAJAK ONLINE

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:213
    Kemarin:689
    Total Pengunjung:459.990
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.180.223
    Browser:Tidak ditemukan

Fans Page

.